Kuliner Enak di Kota Solo yang wajib dicoba!

Kuliner Enak di Kota Solo yang wajib dicoba!

Saat mudik ke Jogja beberapa waktu lalu, saya dan suami juga sengaja mampir semalam ke Kota Solo. Selain karena dekat dari Jogja, kebetulan suami juga belum pernah ke Solo. Jadilah kami bersemangat maen ke Solo khusus untuk hunting kuliner khas Solo yang kami coba ini!

Dawet Telasih Bu Dermi Pasar Gede

Kami sengaja berangkat pagi-pagi ke Solo meskipun hotel kami baru bisa check-in siang hari. Tujuannya, ingin langsung menuju ke Pasar Gede Solo demi menjawab rasa penasaran akan semangkuk Es Dawet Telasih Bu Dermi! Meskipun kami jam 8 pagi sudah sampai, ternyataaaa es legenda ini sudah ramai dan kami juga mengantri cukup lama. Melihat kondisi kiosnya yang sangat teramat sederhana, (yaitu seperti umumnya kios-kios di Pasar tradisional) kami pun salut dan dibuat makin penasaran. Apalagi menurut informasi yang saya dapatkan, sebelum menjadi presiden, dahulu Jokowi rajin membeli Es Dawet Telasih Bu Dermi ini.

Kuliner Enak di Kota Solo yang wajib dicoba!

Kuliner Enak di Kota Solo yang wajib dicoba!

Kuliner Enak di Kota Solo yang wajib dicoba!

Kami memesan 2 porsi dawet. Yang satu komplit dan yang satunya gak pake tape ketan karena saya kurang suka tape ketan. Isiannya selain dawet ijo dan telasih, juga dicampur dengan ketan item, bubur sumsum, santen, gula merah cair dan tape (jika ingin). Untuk harganya hanya 9000 per mangkok. Setelah penantian yang cukup bersabar, kami langsung mengaduk-aduk dan menyeruput es tersebut begitu dihidangkan di depan kami. Waahhh memang segar sekali dan terasa ringan di mulut. Rasa alami dari gurih santen dan manis gula merah sangatlah pas. Kelihatanya sederhana tetapi tidak sesederhana rasanya 🙂

Kembang tahu Pak Cintra Pasar Gede

Setelah sarapan dawet, kami hanya perlu menyeberang dan berjalan sedikit buat mencoba jajanan legenda lainnya di solo. Kali ini pun lebih ngenyangin, yaitu tohak Pak Cintra. Dan lagi-lagi saya dibuat penasaran karena meskipun berjualan hanya dengan gerobak sederhana, tetapi cukup banyak pembeli yang silih berganti.

Kuliner Enak di Kota Solo yang wajib dicoba!

Satu mangkok cukup besar berisi penuh kembang tahu putih yang di siram dengan kuahnya. Aromanya sangat khas, dan tahunya begitu lembut sangat menyenangkan. Tenyata, menarik juga sarapan makan Tohak! Enak dan murah lagi, semangkok hanya 6000 rupiah saja 🙂

Selat Solo Mbak Lies

Karena saya belum pernah makan selat solo, jadi makanan khas solo yang paling ingin saya coba yaitu “bistiknya-nya orang Solo ini! Wah pertama kalinya makan selat solo, langsung di solo hehe. kami mencobanya di selat solo mbak lies. Lokasinya ada di dalam gang II/42 Jalan Veteran-Serengan yang berada di daerah permukiman warga. Tapi dari luar gang di pinggir jalan sudah terdapat keterangan papan namanya. Tempatnya sangat unik, didekorasi penuh dengan guci dan beragam pajangan keramik.

Kuliner Enak di Kota Solo yang wajib dicoba!

Kuliner Enak di Kota Solo yang wajib dicoba!

Kuliner Enak di Kota Solo yang wajib dicoba!

Kuliner Enak di Kota Solo yang wajib dicoba!

Kami memesan selat gelatin yang isinya ada irisan daging sapi, telur, kentang, wortel, buncis, tomat, timun, daun selada dan irisan bawang bombay yang disiram kuah berwarna cokelat hingga terendam. Rasanya lucu makan steak yang diberi kuah hehe. Dagingnya empuk enak, dan rasa kuahnya unik. Manis, tapi juga asin dan gurih. Kami juga nambah satu porsi gelatinnya yang disiram dengan kuah saos encer. Karena berupa rolade, dagingnya pun digigit lebih lembut, sedangkan kuahnya meskipun berwarna merah menyala, ternyata tidak pedas. Harganya pun murah meriah, hanya dengan Rp.16.000 kita sudah kenyang makan sepiring bistik khas solo!

Serabi Notosuman Ny. Lidia & Srabi Notosuman Ny. Handayani

Kuliner Enak di Kota Solo yang wajib dicoba!

Kuliner Enak di Kota Solo yang wajib dicoba!

Di Jakarta saya sudah pernah mencoba serabi solo, dan mumpung di Solo, saya pun jadi penasaran banget membandingkan rasanya. Kami mencoba Serabi Notosuman Ny. Lidia yang dikenal sebagai salah satu pelopor serabi terenak di Solo selain Srabi Notosuman Ny. Handayani. Kami memesan 1 dus rasa campur (original dan cokelat) seharga Rp.27.000 isinya 10 gulung serabi. Untuk yang original meskipun aroma dan rasa santenya kuat sekali tetapi gak bikin eneg sama sekali kok. Malah saya suka banget. Dan yang rasa cokelat juga enak! Rasa gurih santen dengan mesis manis yang lumer dimulut terasa lezat! Apalagi serabi solo ini ukurannya tebal padet, saat dimakan pun terasa kenyal 😀 Dan penyajiannya pun dibungkus dengan daun pisang. Kita juga bisa melihat langsung proses pembuatan serabi yang dibuat masih dengan menggunakan tungku tradisional!

Kuliner Enak di Kota Solo yang wajib dicoba!
Kafe Angkringan, Tiga Tjeret Solo

Selain makanan khas solo yang legendaris di atas, kami akhirnya memilih nongkrong di kafe untuk makan malam. Tapi kafe kali ini berbeda, karena kafe angkringan! Ya, meskipun tampilannya kafe tetapi, asyiknya disini menunya ala angkringan pinggir jalan! Semua menunya tersaji terbuka dan kita bisa langsung mengambil langsung menu pilihan kita. Nanti tinggal kasih ke kasir untuk bayar, baru dibakar atau diangetin deh.

Kuliner Enak di Kota Solo yang wajib dicoba!

Kuliner Enak di Kota Solo yang wajib dicoba!

Kuliner Enak di Kota Solo yang wajib dicoba!

Kuliner Enak di Kota Solo yang wajib dicoba!
Untuk kloter pertama, kami mengambil nasi kucing dan beberapa tusuk sate, yaitu usus, kerang, ayam dan sosis. Rasanya cukup enak dan bikin nagih buat mesen lagi di kloter selanjutnya hehe. Untuk minumannya saya memesan jahe hangat! Apalagi, semakin malam semakin seru karena ada hiburan musiknya. Kalo yang nyari angkringan di Solo tapi ingin yang tempatnya enak dan ada musiknya sampe malem bisa ke Kafe Tiga Tjeret yaa! Bahkan banyak foto-foto artis yang sudah nongkrong disini lho!

Transportasi / Cara Menuju ke Kota Solo

– Sekitar 1 jam dari Jakarta dengan menggunakan pesawat
– Sekitar 9 jam dari Jakarta naik kereta menggunakan kereta
– Sekitar 8 jam naik dari Jakarta dengan menggunakan mobil
– Sekitar 1 jam dari Stasiun Yogyakarta dengan menggunakan Prambanan Ekspres. Tiket hanya Rp.8.000
Note: Jika naik pesawat / kereta , kita bisa naik gocar untuk keliling Kota Solo.
           Alternatif lain bisa sewa mobil/ motor (untuk informasi tempat penyewaan, terdapat di google)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


%d bloggers like this: